Kamis, 17 Agustus 2017

Penyebab Kanker Kulit

Secara umum penyebab kanker kulit adalah karena cahaya matahari yang berlebihan sehingga terjadi kerusakan jaringan pada sel kulit. Saat kulit anda terkena sinar matahari yang berlebihan maka elastin yang berada di dalam tubuh anda akan mengalami kerusakan, sebagai dampaknya kulit akan mengalami penuaan seperti mulai meregang atau kendur. Akibat tidak cukup elastik, kulit mudah mengalami iritasi dan luka, namun radiasai sinar ultraviolet memperparah kulit hingga menimbulkan efek kanker.

Beberapa faktor yang menyebabkan kanker kulit :
  • Tanning bed
Tranning bed salah satu bagiannya menggunakan sainar UV yang dapat merusak sel pada kulit yang menyebabkan penuaan kulit dini dan sangat ber resiko sekali terkena kanker kulit. Jika anda terbiasa terapi atau melakukan aktivitas dengan alat ini, sebaiknya anda lebih berhati-hati dan usahakan tidak terlalu sering menggunakan alat ini. Akan lebih baik bila anda meninggalkannya atau tidak memakainya lagi.
  • Rendahnya daya tahan imun
Daya tahan imun pada tubuh yang kurang akan sangat rentan sekali terkena akan berbagai penyalkit. Seperti penderita penyakit AIDS dan penderita penyakit virus HIV akan sangat besar sekali terkena penyakit kanker kulit, kerusakan sel adalah salah satu yang akan di sebabkan oleh rendahnya atau kurangnya daya tahan imun. Bukan hanya kanker kulit, namun jenis kanker yang lainnyabisa menyerang.
  • Alkohol
ALkohol merupakan minuman yang mengandung etanol, setelah masuk ke dalam tubuh etanol akan berubah menjadi zat kimia beracun.Hal tersebutlah yang dapat menyebabkan kanker kulit dengan merusak DNA dan menghentikan kinerja sel-sel daalm tubuh higga tidak berfungsi.

Alkohol memiliki molekul yang sangat reaktif yang di sebut dengan Reactive Oxygen Species(ROS). Molekul yang terdapat dalam alkohol sangat berbahaya sekali karena dapat merusak DNA dan menyebabkan berbagai kanker dapat berkembang biak.
  • Merokok
Meroko selain dapat terjadinya atau terkena kanker paru-paru dan stroke, rokok juga bisa menyebabkan terjadinya kanker kulit. Perokok yang memiliki kekekbalan tubuh yang rusak sehingga imun dalam tubuh menjadi sangat rentan terhadap serangan penyakit. Tidak ada kemungkina si perokok terkena dengan mudah kanker kulit.
  • Tahi lalat (Mole)
Tahi lalat biasanya tumbuh pada bagian kulit yang berwarna cokelat atau hitam. Pada anak usia dini biasnya tahi lalat atau mole tumbuh selam 30 tahun pertam kehidupan, dan hal tersebut adalah normal. Tahi lalat ini basanya cenderung sebagai penyebab jenis kanker kulit melanoma. Yang harus anda waspadai adalah apabila tahi lalat tersebut munncul pad ausis 30 tahun dan tahi lalat tersbut dapat berubah-ubah bentuk, warna, dan tinggi.
  • Radiasi
Akibat dari penggunaan radiasi sinar X yang terlalu lama akan menyenbabkn terjadinya kanker kulit. Kanker kulit akan lebih banyak berkembang pada daerah yang terkena sinar X. Keadaan atau kondisii sindrom nevus sel basal atau xeroderma pigmentosum sangat beresiko sekali terkena penyakit kanker kulit dan kanker payudara.
  • Infeksi kulit dan peradangan pada kulit
Pada kulit yang terluka atau terkena infeksi, baik luka lama ataupun luka baru, luka bakar, borok, yang sebelumnya terkena sinar X atau bahan kimia lainnya yang emnye babkn kanker kulit. Meski pada umumnya resiko ini sangat kecil sekali, namun alangkah baiknya anda waspada karena dapat terjadi kerusakan sel dan menyebabkan sel tidak tumbuh dengan normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar