Kamis, 17 Agustus 2017

Ciri-Ciri Umum Kanker Kulit

Kanker kulit merupakan salah satu jenis kanker yang tidak bisa di anggap enteng, walaupun memang adanya benjolan atau tumor ini mempunyai potensi kematian yang paling sedikit. Karen kulit tidak dekat dengan organ organ vital manusia, maka tidak akan menyebar dengan cepat. Setiap ciri-ciri kanker ini sangat gampang di kenali sehingga bantuan medis juga dapat di terima dengan lebih cepat.

Beberapa ciri yang terjadi padaanker kulit :



  • Terdapat benjolan yang berbentuk asimetris
Kanker selalu ditandai dengan adanya benjolan atau sering di sebut dengan tumor. Salah satu tanda kannker kulit adalah benjolan yang berbentuk asimetris atau tidak beraturan. Berhati-hatilah apabila terjadi benjolan tersebut dan benjolan tersebut datag dengan tiba-biba dengan bentuk yang sudah di katkan, maka hartus di waspadai.
  • Bentuk benjolan berubah-ubah
Ciri lain yang terjadi adalah benjolan yang bentuknya bisa berubah-ubah apabila di amati dari awal terjadinya benjolan. Untuk dapat membuktikannya anda mengambil foto benjolan tersbut pada saat awal terjadi benjolan tersebut, dan memeotonya lagi pada minggu yang akan datang. Di situlah anda dapat mengecek apakah ada yang berbeda dan apakah benjolan tersebut ada yang berubah. Terkadang ukuran dan warna juga mengalami perubahan.
  • Tahi lalat atau tompel terasa nyeri
Tahi lalat ada 2 jenis yaitu tahi lalat yang hidup dan mati, biasanya tahi lalat yang hidup dulunya berukuran kecil dan beubah menjadi besar. Tahi lalat yang hidup juga di tandai dengan tekstur atau bentuk yang timbul ukurannya pun  lebih besar daripada tahi lalat biasa. Pada saat tahi lalat terasa nyeri, maka perlu di pertanyakan dan di periksakan apakah tahi lalat ini bagian dari ciri benjolan pada kanker kulit. Tahi lalat yang aman sekalipun jenisnya hidup, jenis tahi lalat tidak akan merasakan nyeri atau sakit.
  • Rambut prang atau merah
Bukan berarti rambut yang kemerahan atau berwarna pirang karena di beri zat pewarna pada rambut, melainkan rambut yang memerah dengan sendirinya. Apabila gejala satu ini di iringi dengan gejala yang lain seperti gejala-gejala di atas, sangat di anjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter kulit agar di pastikan apakah sebetulnya rambut merah adalah ciri kanker kulit.
  • Kulit mengelupas
Pengelupasan yang terjadi pada kulit biasanya bisa di sebabkan oleh adanya bagian yang kering dan kemudian pengelupasan tersebut adalah sebagian dari kulit mati yang terangkat. Namun jika pengelupasan kulit tanpa ada alasan yang jelas, anda harus segera memeriksakan ke dokter kulit.

  • Kulit berdarah
Kulit yang tiba-tiba menjadi berdarah tanpa adanya alasan yang pasti bisa jadi tada adanya yang tidak beres pada kulit. Tidak hanya tahi lalat, terkadang benjolan mencurigakan yang timbul di kulitpun bisa berdarah. Dimana sebelumnya ada perubahan yang terjadi pada bentuk dan ukuran.

  • Kulit kaki bersisik
Kanker kulit juga berpotesi menimbulkan munculnya tanda-tanda pada organ kaki, misalnya terjadi atau terbentuknya benjolan pada kaki dan disertai dengan adanya sisik pada kaki. Tampillan dari ciri ini  seperti halnya ketika menjumpai mutiara yang berwarna putih. Luka yang terdapat pada kaki dengan bentuk apapun sebaiknya di perhatikan supaya tidak terinfeksi dan menyebabkan kanker kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar